Sunday, January 8, 2023

Ada Grebeg Sudiro Sambut Imlek, Jalan Balai Kota Solo Akan Ditutup Tiap Malam

 07/01/2023  - Pasar Gede - Kota Surakarta, Jawa Tengah









Lampion di Jalan Jendral Sudirman Solo, depan Balai Kota Solo, Sabtu (7/1/2023).

Solo - Rangkaian Grebeg Sudiro, akan berlangsung di Solo dari tanggal 10-30 Januari 2023. Event tahunan itu akan terpusat di Jalan Jendral Sudirman depan Balai Kota Solo, hingga Jalan Jenderal Urip Sumoharjo depan Pasar Gede.

 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama gelaran Grebeg Sudiro. Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Mudo Prayitno, mengatakan rencana awal pihaknya akan menutup jalan di lokasi acara.

 

"Yang berpotensi membuat kepadatan lalu lintas pada waktu kegiatan pasar potensi, dan lampion di Pasar Gede. Nanti selama gelaran acara, jalan akan ditutup setiap malam," kata Mudo saat dihubungi detikJateng, Sabtu (7/1/2023).

 

Dishub Solo akan melakukan penutupan ruas jalan dari Bundaran Gladak hingga simpang empat Warung Pelem. Penutupan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB.

 

Arus lalu lintas dari utara menuju arah Pasar Kliwon akan dialihkan ke Jalan Ir Juanda kemudian masuk ke Jalan Kapten Mulyadi.


 

"Kendaraan dari Jalan Slamet Riyadi, penutupan dari BI diarahkan ke Jalan Ronggowarsito. Tapi kalau sudah padat sekali, penutupan dari Bundaran Gladak lewat Jalan Mayor Sunaryo," ujarnya.

 

Sejumlah kantong parkir telah disiapkan, seperti di Gedung Parkir Ketandan, Benteng Vastenburg, Jalan Arifin, dan jalan di kawasan Pasar Gede seperti Jalan RE Martadinata.

 

Dalam rangkaian Grebeg Sudiro itu akan dilaksanakan juga perayaan Imlek. Ketua Panitia Imlek Bersama 2023 Kota Solo Sumartono Hadinoto menjelaskan, pihaknya telah memasang setidaknya 5.000 lampion yang tersebar di sekitar Balai Kota Solo.

 

Ada juga lampion karakter 12 shio yang dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Karakter Kelinci menjadi karakter shio paling menonjol karena tahun baru Imlek kali ini menyambut tahun kelinci.

 

"Kelinci di atasnya bisa muter-muter. Di depan plaza ada keluarga kelinci," kata Sumartono.

 

Selain pemasangan lampion, ada pula pesta kembang api yang akan diselenggarakan bertepatan dengan malam tahun baru Imlek 21 Januari 2023 mendatang. Sumartono menyebut pesta kembang api akan lebih meriah ketimbang tahun baru Masehi.

 

"Malam Imlek ada pesta kembang api tanggal 21. Lama dari dulu. Minimal 20 menit sampai setengah jam," jelasnya.


( Wahyu Dwi Ardhy - 21410121)

No comments:

Post a Comment

KESENIAN TAYUB BLORA YANG SUDAH JARANG DIMINATI OLEH MASYARAKAT KHUSUSNYA ANAK MUDA

Tayub , salah satu kesenian yang berada di K abupaten Blora , Jawa Tengah, Minggu ( 01 / 01/ 202 3) SENIBLORA - Bangsa Indonesia...